facebook

http://www.blogger.com/rearrange?blogID=7462128501370402875§ionId=crosscol&action=editWidget&widgetType=HTML&referrer=directory

Rabu, 06 Februari 2013

Cerita singkat dibalik arti Logo atau Lambang – Lambang AS Roma

AS Roma merupakan salah satu klub besar yang berada di Italia dan bermain dalam kompetisi Seri A Italia.Klub ini selain mempunyai sejarah panjang juga mempunyai sejarah dalam hal lambang yang di kenakan dalam kostum para pemainnya.Lambang – lambang itu juga mempunyai makna yang cukup berarti dalam perkembangan AS Roma.Lambang AS Roma mulai di kenalkan dan di gunakan pertama kali dengan mengambil legenda tentang sepasang anak kembar yang di asuh oleh seekor serigala betina yang merupakan salah satu legenda berdirinya kota Roma yaitu Remus dan Romulus .Selain itu klub AS Roma juga sering mendapat julukan sebagai I Lupi atau serigala.

Sehingga serigala, remus dan Romulus menjadi logo klub AS Roma tepatnya pada tanggal 22 Juli 1927 dan juga merupakan simbol asli Roma yang menggambarkan dua orang anak sedang menyusu pada seekor serigala. Akan tetapi logo ini sempat menghilang dan kemudian muncul lagi pada tahun 1990-an. Pada tahun 1930-an, simbol remus dan Romulus menghilang dari logo bentuk Perisai dan di ganti dengan inisial klub ASR. Logo ASR di kurung lingkaran berwarna merah dan terlkihat simple akan tetapi sama sekali tidak mempresentasikan bahwa klub ini berasal dari kota Roma. Pergantian logo ini mengakibatkan masyarakat Roma beralih dan kebanggan masyarakat akan kotanya sendiri menjadi berkurang karena sebelumnya AS Roma merupakan klub kebanggan kota Roma.

Seiring dengan tumbangnya rezim fasis dan pemimpin AS Roma juga telah berganti makan logo klub pun kembali mengalami perubahan. Logo berubah dan makin menguatkan kesan tim yang berjuluk I Giallorossi atau kuning merah dengan menambahkan unsur berwarna kuning emas dengan porsi warna merah dan kuning emas lebih seimbang. Dengan adanya pergantian logo ini mampu membawa keberuntungan untuk AS Roma, pada tahun 1941 – 1942 AS Roma sukses meraih scudetto pertamanya.  Akan tetapi setelah meraih scudetto pertamanya AS Roma selalu gagal untuk mengulangnya lagi hingga perubahan Logo juga di lakukan berkali – kali akan tetapi tidak juga membawa keberuntungan. Dengan merubah tulisan hingga kembali ke bentuk perisai dan juga kembali dengan hanya bertuliskan AS Roma saja.Akhirnya pada era 1960-an AS Roma kembali ke logo saat klub berdiri.

Pada tahu 1980-an, AS Roma mengalami pergantian presiden dan mengakibatkan adanya pergantian logo sehingga logo klub berubah menjadi serigala hitam dengan background berwarna putih yang di kelilingi lingkaran berwarna merah dan kuning.Perubahan ini sangat radikal karena mengubah seluruh elemen dari logo asli sebelumnya.Akan tetapi logo ini tidak bertahan lama karena pada awal tahun 1990-an, AS Roma kembali memakai logo asli dan di gunakan sampai dengan sekarang ini.

0 komentar:

Posting Komentar